Bizhare Headquarter

Jl. Raden Saleh Raya No.46A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 10330

Tel: 0858-4399-3522/ 0858-1186-3320

info@bizhare.id

  • Facebook Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
Gabung menjadi  Priority Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, serta Networking bersama Entrepreneur dan Investor lainnya, GRATIS!

© 2017 Bizhare.id Copyright All Right Reserved

PENTINGNYA PERAN GENERASI MILLENNIALS DALAM MENDUKUNG BEBAS FINANSIAL

October 18, 2019

Generasi milenial atau generasi Y adalah sekumpulan manusia yang lahir antara periode tahun 1981-1994, dimana pada masa periode tersebut teknologi sedang berkembang pesatnya, lebih terjangkau untuk masyarakat luas dan terjadi pergeseran penggunaan teknologi komunikasi konvensional. Generasi millennial merasakan sendiri 2 perubahan yang terjadi padazaman  yang berbeda. Pada generasi milineal memiliki persepsi sukses yang berbeda dengan generasi lain yaitu waktu dan pengorbanan. Dengan teknologi, tingkat edukasi dan kondisi ekonomi yang ada, para generasi millennial akan lebih mudah untuk membangun asset dan mencapai kebebasan finansial di usia muda. Kepemilikan asset, keberhasilan dalam wirausaha dan keberhasilan dalam menjaga worklife bance juga dianggap penting.

 

Berdasarkan Proyeksi penduduk Indonesia dari Badan Pusat Statistik (BPS) kelompok milenial yang berusia 20-34 tahun ada 23,95 % dari total populasi Indonesia. Pada 2018, BPS memproyeksi jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta jiwa. Pada 2019, jumlah mereka diproyeksi sebanyak 23,77 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 268 juta jiwa. Artinya, hampir seperlima penduduk di Indonesia adalah kelompok milenial. Sedangkan dalam penelitian yang dilakukan CNN money, bahwa diperkirakan pada tahun 2020 lebih dari 50% dari total workforce artinya generasi millennial akan memainan peran yang besar dalam dunia lapangan kerja dan juga pergerakan ekonomi secara keseluruhan, karena mereka jugalah yang akan menjadi konsumen terbedar dari berbagai produk maupun jasa yang dijual. Olehkarena itu keberadaan pentingnya millineal seharusnya didukung oleh literasi finansial yang baik untuk mencapai merdeka financial/ bebas financial .

 

Literasi finasial yang dimaksud ialah pengetahuan mengenai dasar-dasar keuangan seperti asuransi, investasi, lembaga keuangan, dan sebagainya. Namun sayangan  berdasarkan survey yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013, pada diketahui bahwa tingkat literasi keuangan dimasyarakat Indonesia hanya sebesar 21,8 % dengan tingkat inklusi sebesar 59,7%.

Bahkan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah seperti golongan C, D dan E, tingkat literasi keuangan yang ada bahkan lebih rendah lagi yaitu hanya sebesar 18,71%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat Indonesia akan produk perbankan, asuransi dan investasi di pasar modal sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara seperti Malaysia, Thailand, ataupun Singapura. Padahal dengan memanfaatkan financial literacy  secara maksimal akan lebih mudah merencanakan masa depan yang konkret dan realizeable, serta membantu anda dalam menghindari jurang- jurang keuangan yang dapat membuat kebangkrutan.

 

Literasi finasial sangat penting dan diperlukan generasi milenial dalam melakukan perencaan proteksi, investasi, warisan, pajak dan sebagainya. literasi finansial akan mendukung perencanan yang matang untuk masa depan tanpa mengalami masalah kesulitan keuangan.Namun untuk generasi milenial yang terutama dibawah umur 30 tahun, ada 2 hal yang harus diperhatikan, yaitu: Pertama, Proteksi  perlu dipahami pentingnya berasuransi dalam setiap aspek kehidupan anda seperti asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan sebagainya. Hal ini diperlukan karena asset yang berharga ialah diri kita sendiri.  Dengan memiliki asuransi kesehatan, anda akan terlindungi dari risiko finansial yang diakibatkan oleh suatu penyakit sehingga asuransi jenis akan memberikan rasa aman terhadap biaya yang harus dikeluarkan ketika dirawat ataupun sebagainya. Kedua, Investasi ada beberapa jenis investasi yang dapat anda lakukan seperti saham,reksadana dan sebagainya.

 

 

Sumber : 

Santoso, Edwin.2017.Millenial Finance. Grasindo. Jakarta

Tirto.2019. Sana-sini Ngaku Milenial, Bagaimana Peta Milenial Indonesia?. Diakses dari https://tirto.id/cX5W

 

 

 

[1] Santoso, Edwin.2017.Millenial Finance. Grasindo. Jakarta

 

[2] Tirto.2019. Sana-sini Ngaku Milenial, Bagaimana Peta Milenial Indonesia?. Diakses dari https://tirto.id/cX5W

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Gabung menjadi  Priority Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, serta Networking bersama Entrepreneur dan Investor lainnya, GRATIS!

 

Cara Mudah meraih Kebebasan Finansial anda Melalui Bisnis Franchise
Featured Posts

Bagaimana Cara Membuat bisnis menjadi Mesin Uang Otomatis untuk Anda, Semakin Sukses dari Hari ke hari, Tanpa anda Harus Terlibat Sekalipun

October 27, 2017

1/1
Please reload

Recent Posts

September 12, 2019

Please reload

Search By Tags