Bizhare Headquarter

Jl. Raden Saleh Raya No.46A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 10330

Tel: 0858-4399-3522/ 0858-1186-3320

info@bizhare.id

  • Facebook Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
Gabung menjadi  Priority Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, serta Networking bersama Entrepreneur dan Investor lainnya, GRATIS!

© 2017 Bizhare.id Copyright All Right Reserved

Ketahui Perbedaan Peran Investor dan Owner Operator dalam Bisnis Waralaba. Yang Mana yang cocok untuk anda?

January 26, 2018

 

Ketika anda ingin membuka bisnis waralaba/ franchise, anda akan menemukan berbagai isitilah-istilah baru seperti investor, owner operator. Apa itu?

 

Istilah tersebut biasa digunakan oleh Franchisor (Pemilik Franchise) untuk menjelaskan berbagai kriteria Franchisee (Pembeli franchise) seperti kita. Istilah ini sangat penting karena akan mempengaruhi peran dan skema investasi anda ketika membeli bisnis franchise. Ini juga membedakan berbagai jenis franchise yang ada di Indonesia. Ada yang cenderung untuk mencari investor ada yang lebih ingin mencari Owner Operator.

 

Setelah anda ketahui perbedaannya, anda bisa mulai menentukan pilihan bisnis francise yang sesuai dengan kriteria anda. Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya.

 

1. Owner Operator / Investor Aktif 

(Sumber : https://www.aflac.com/_global-assets/images/business/small-business-hub/business-owner-1.jpg )

 

Owner Operator/Investor Aktif merupakan investor yang ikut turut serta dalam operasional harian bisnis tersebut. Mulai dari merekrut karyawan, memanage bisnis, hingga pemasaran. Tapi tenang saja, segala sistem termasuk pelatihan karyawan sebagian akan dilakukan oleh Franchisor, sehingga kita tinggal terima beres saja. Dalam PT, biasanya disebut sebagai Direktur.

 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bisnis mempunyai berbagai sistem yang perlu kita kelola, mulai dari sistem Sumber Daya Manusia, Sistem Marketing, Sistem Kontrol, Sistem Keuangan, dsb. Ketika anda membeli sebuah sistem franchise, biasanya sistem tersebut sudah di standarisasi dan terbukti berhasil sehingga anda tidak perlu melakukan uji coba dan tinggal menggunakannya saja. Tentu ini membuat persentase keberhasilan bisnis anda menjadi lebih tinggi, bila dibandingkan dengan bisnis konvensional yang segala sesuatunya perlu dibuat dan di tes dari 0.

 

Walaupun begitu, tentu saja sistem tersebut perlu dijalankan dengan baik demi mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Orang/ Franchisee yang menjalankan sistem tersebut dinamakan Owner Operator. Jika anda sebagai Owner Operator, artinya anda merupakan pemilik dari bisnis franchise tersebut dan juga Business Operator dari bisnisnya. Anda bertanggung jawab melakukan operasional harian, Sukses atau tidaknya bisnis tersebut bergantung pada seberapa cakap kemampuan managerial anda dalam menjalankan SOP dari Franchisor.

 

Sebenarnya, Owner operator/ Investor aktif bukan berarti anda harus senantiasa menjaga toko atau nongkrong di bisnis anda. Sebaliknya, anda adalah Pemilik Perusahaan/owner yang memperkerjakan karyawan untuk menjalankan bisnis, walaupun begitu anda tetap perlu melakukan kontrol dan memastikan bisnis berjalan sesuai rencana dan SOP dari Franchisor.

 

Peran ini cocok untuk anda yang senang menjalankan keseharian bisnis, memiiki passion serta pengalaman terhadap industri yang dijalankan. Selain itu anda juga akan memiliki kontrol penuh dan bekerja demi memajukan bisnis anda. Jika anda memiliki karakteristik tersebut, sebenarnya uang bukanlah masalah, karena anda bisa bekerjasama dengan investor/ pemodal pasif dengan sistem pembagian keuntungan. Dengan begitu, anda bisa segera membuka bisnis anda dengan cepat dan berbagi resiko dengan investor anda.

 

2. Investor Pasif 

 (Sumber : http://www.alpiq.com/portal/fileadmin/_processed_/e/2/csm_investor_relation_81279c17d1.jpg)

 

Investor disini mepakan jenis Franchisee yang Pasif. Biasanya mereka memiliki modal/ uang yang cukup untuk membeli franchise, namun tidak punya waktu dan kemampuan untuk menjalankan bisnisnya. Dalam PT, biasanya berperan sebagai Komisaris.

 

Kebutuhan masyarakat ini sangat dipahami oleh Franchisor. Pada beberapa sistem Franchisor, sebut saja Retail Indomaret, Alfamart dan beberapa franchise laundry, mereka memiliki sistem dimana Franchisor yang menjadi owner operator yang menjalankan bisnis, sehingga investor hanya perlu menyetorkan modal dan mendapat laporan keuangan tiap bulan, serta mendapatkan pendapatan pasif secara berkala.

 

Sistem Franchise yang mendukung 100% investor pasif ini masih sangat jarang dan masih bisa dihitung jari di Indonesia ini. Namun dengan adanya Bizhare, masyarakat pada umumnya, bisa menjadi investor dan bekerjasama dengan owner operator yang mau menjalankan bisnis, namun kekurangan modal, sehingga anda bisa memiliki bisnis, tanpa harus menjalankan operasional harian dan tetap menjalankan aktivitas harian anda seperti biasa.

 

Investor ini secara sekilas memang terlihat lebih menggiurkan, namun sebenarnya tidak demikian. Baik Owner Operator maupun Investor harus bisa bekerjasama dan berdiskusi, karena kesuksesan bisnis tersebut bergantung pada seberapa bagus eksekusi praktis di lapangan.

 

Setelah mengetahui perbedaaan istilah dan Karakteristik Franchisee, anda mulai merasa peran mana yang cocok bagi anda dan ingin anda jalankan. Pastikan peranan yang anda minati , sesuai dengan keiinginan anda. 

 

NB : Anda bisa Daftar sebagai investor/ Owner Operator dan lengkapi profil anda di Bizhare melalui Link berikut >>https://goo.gl/forms/6bcKuSyGpYUM8dAM2 Supaya kami bisa berikan informasi yang lebih akurat dan persiapkan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan anda secara spesifik

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Gabung menjadi  Priority Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, serta Networking bersama Entrepreneur dan Investor lainnya, GRATIS!

 

Cara Mudah meraih Kebebasan Finansial anda Melalui Bisnis Franchise
Featured Posts

Bagaimana Cara Membuat bisnis menjadi Mesin Uang Otomatis untuk Anda, Semakin Sukses dari Hari ke hari, Tanpa anda Harus Terlibat Sekalipun

October 27, 2017

1/1
Please reload

Recent Posts

September 12, 2019

Please reload

Search By Tags