13 October 2022
2 menit baca

Sejarah dan Potensi Bisnis Pertanian Indonesia : Bisnis yang Tak Lekang oleh Waktu

2 menit baca

 

Sebagai negara Agraria, tentunya Indonesia banyak menyandarkan ekonomi dari sektor Agribisnis. Apa sebenarnya Agrobisnis? Agrobisnis sendiri merupakan bisnis yang berkaitan dengan tanah pertanian. Dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara yang unggul dalam industri agrobisnis. Lalu di tengah banyaknya sektor bisnis di Indonesia yang berjuang untuk tetap bertahan di masa pandemi, seperti apa potensi agribisnis di Indonesia?

 

Agribisnis masih memiliki potensi yang menjanjikan

Menteri Pertanian (Mentan) periode 2000-2004, Prof. Bungaran Saragih berpendapat prospek agribisnis akan semakin besar karena permintaan produk agribisnis dari sektor hulu dan hilir masih terbilang tinggi.

 

Produksi menurun, namun konsumsi tinggi

Beberapa tahun lalu agribisnis Indonesia dinilai masih tertinggal dibandingkan negara Asia lainnya. Bukan tanpa alasan, di balik permintaan yang tinggi ternyata hal ini tidak dibarengi dengan kapabilitas produksi agribisnis di Indonesia. Dengan pasar yang sangat besar, hal tersebut membuat bisnis agribisnis masih memiliki peluang yang besar.

 

Tantangan Agribisnis: Memenuhi kebutuhan pangan masyarakat

Jika banyak sektor yang berusaha untuk menarik konsumen dengan berbagai macam strategi marketing, Agribisnis justru memiliki tantangan terbesar untuk memenuhi kebutuhan konsumen disisi lain Agribisnis juga berperan terhadap pemulihan ekonomi. Peningkatan kebutuhan konsumsi pangan pasti akan terjadi seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Jumlah penduduk tahun 2021 sebesar 272,2 juta jiwa, dimana 56,01% berada di Pulau Jawa.

 

Beberapa poin diatas hanyalah sebagian dari alasan mengapa Bizhare menghadirkan penawaran saham Agribisnis kepada anda. Qomunitas Petani Satu menjadi jawaban bagi anda yang ingin memiliki bisnis dengan potensi bisnis yang baik dalam jangka panjang. Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi https://bit.ly/bizhareqta dan miliki bisnisnya sekarang juga.

706 Reads
Author: Bizhare Editor
240 Suka