Perjalanan Merdeka Finansial Di Setiap Fase Kehidupan





Tidak terasa, Indonesia sebentar lagi genap berusia 77 Tahun. Jika diasumsikan sebagai manusia, Indonesia sudah masuk di tahap usia lanjut dan sedang menikmati masa pensiun loh. Masa pensiun idealnya diselimuti dengan penuh sukacita, menikmati hasil kerja keras, main bersama cucu, menjalani hobi baru, atau mengenang masa-masa muda yang penuh dengan perjuangan.


Nah, kamu pernah kepikiran gak sih bagaimana rasanya kalau di usia senja tersebut tidak memiliki uang yang cukup untuk biaya hidup? Pasti rasa suka cita untuk menikmati masa tua akan berkurang karena menghadapi banyak ketidakpastian.


Kabar baiknya, mempersiapkan masa tua bisa dilakukan sedini mungkin. Dengan kemauan yang kuat serta kesadaran pentingnya menyisihkan penghasilan, kamu sebenarnya bisa mewujudkan impian masa depan. Walaupun, tantangan dan masalah keuangan di setiap fase kehidupan selalu hadir.


Maka dari itu, kamu memetakan fase kehidupan yang sedang dan akan kamu jalani, agar strategi dan hasil dari menyisihkan keuangan bisa sesuai dengan harapan dari waktu ke waktu. Sebenarnya, kondisi finansial secara garis besar bisa digambarkan dari klasifikasi usia. Di bawah ini Bizhare sudah rangkum tahapan fase tersebut, baca sampai habis ya!

  • Usia 20-an Di fase ini biasanya seseorang memulai perjalanan karir dan mendapatkan penghasilan secara mandiri. Masalah keuangan terbesar adalah banyaknya keinginan yang ingin kamu wujudkan. Seseorang yang berusia 20-an biasanya impulsif membeli barang yang sebelumnya gak bisa mereka beli. Kamu pun juga gak ragu menghabiskan banyak uang untuk kesenangan kamu, alhasil hal itu bisa berujung pada utang konsumtif yang akan menjerat dan menghambat impian kamu di hari tua nanti. Padahal, belajar dan memulai investasi secara konsisten akan sangat baik bila dimulai pada fase ini. Bahkan, kamu punya kesempatan untuk diversifikasi sebagian budget investasimu ke instrumen investasi jangka panjang seperti saham, karena kamu masih punya masa depan yang begitu panjang. Makanya, penting sekali untuk mulai mengatur keuangan. Berapa yang harus disisihkan untuk kebutuhan, keinginan, dana darurat, investasi jangka pendek, maupun investasi jangka panjang. Jadi fase ini adalah kesempatan kamu untuk belajar keuangan, menyisihkan penghasilan untuk menabung, dan mulai berinvestasi.

  • Usia 30 hingga 40-an Setelah masa muda yang penuh kebebasan, kamu akan tiba di fase kenyataan hidup, yaitu usia 30-40 tahun. Walaupun pengetahuan, kemampuan, dan penghasilan kamu meningkat pada periode ini, tapi pengeluaran kamu juga meningkat drastis karena sudah berkeluarga, memiliki cicilan KPR rumah, serta cicilan kendaraan. Jadi, banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi. Namun, jika dana darurat, tabungan, dan investasi sudah kamu siapkan dari usia 20-an, PR kamu menghadapi fase ini sedikit berkurang. Bayangkan, seberapa besar uang untuk kebutuhan keluarga hingga menyiapkan yang terbaik untuk buah hati kamu? Pastinya, di fase ini rasio kebutuhanmu akan jauh lebih besar dari usia 20-an. Dari cara berinvestasi, kamu juga akan menyukai instrumen investasi yang jangka waktunya menengah dan risikonya kecil, yang memiliki kepastian imbal hasil seperti sukuk atau obligasi. Mungkin kamu masih berinvestasi saham, tapi kamu juga harus lebih cermat dan bijak memperhitungkan segala resiko dan potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

  • Usia 50 hingga 60-an Setelah berada di puncak karir dan taraf penghasilan, akan ada masanya kamu tidak bekerja lagi karena faktor usia. Rentang waktu pensiun bisa beragam, biasanya di usia 50 hingga 60-an. Pada usia ini juga, fokus kebahagiaanmu bukan hanya berbentuk benda atau material, melainkan masa depan anak, karena mereka mungkin sudah masuk kuliah atau baru mulai bekerja. Tapi, di masa pensiun kamu juga akan memiliki sukacita yang cukup apabila memiliki dana yang kamu persiapkan dari muda secara mandiri. Inilah waktunya kamu menerima semua manfaat dari tabungan dan investasi yang kamu lakukan. Uang pensiun, tabungan, dan keuntungan dari aset dan investasi yang akan membiayai semua kehidupan kamu di usia ini. Jadi, impian kamu untuk #merdekafinansial dengan memiliki penghasilan tanpa harus bekerja bisa terwujud.

Bagaimana? Kamu sudah mulai tergambar langkah apa yang harus kamu lakukan dari sekarang?


Seiring bertambahnya usia, apalagi saat mendekati atau melewati salah satu fase kehidupan, kamu harus lebih bijak dalam mengatur keuangan baik itu untuk mengatur pengeluaran, menabung, serta berinvestasi. Tulisan ini secara khusus Bizhare buat karena keinginan yang mendalam untuk membantu masyarakat Indonesia, termasuk kamu meraih #merdekafinansial dalam hidup.


Dalam wujud nyata mendukung kemerdekaan finansial kamu, Bizhare menghadirkan berbagai promo menarik yaitu Diskon Biaya Layanan hingga 100%, dan Flash Sale Saham pada pukul 12:00 - 15:00 WIB hanya di Aplikasi Bizhare



Yuk, segera manfaatkan moment ini dan investasi sekarang juga.


Merdeka Merdeka Merdeka!!



Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts