• bizhare.id

Ini Dia Mekanisme Jual Beli Saham di Pasar Sekunder Bizhare

Updated: Feb 3



Tahukah Anda, Bizhare telah resmi meluncurkan layanan Pasar Sekunder pada 1 Februari 2021, dimana investor bisa melakukan transaksi permintaan (bid) dan penawaran (offer) saham dengan aman dan nyaman. Ya, Pasar Sekunder Bizhare dibuka untuk Penerbit yang sudah berjalan 1 tahun, sudah terdaftar di KSEI dan atau sesuai hasil keputusan RUPS Penerbit. Pasar Sekunder akan dibuka setiap 6 bulan sekali dengan masa pembukaan Pasar Sekunder selama 10 hari kerja. Periode pembukaan Pasar Sekunder akan kami informasikan melalui email Anda, sehingga Anda bisa bersiap - siap untuk melakukan transaksi di Pasar Sekunder Bizhare.


Untuk legalitas kepemilikan saham nya, Bizhare telah bekerjasama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai lembaga resmi penyimpanan saham kolektif Anda secara Scripless, sehingga aman dan sah secara hukum.


Apa saja yang perlu diperhatikan saat Anda bertransaksi di Pasar Sekunder ?

  1. Pastikan Anda sudah mendaftar sebagai user di www.bizhare.id

  2. Pastikan bisnis yang ingin Anda tawarkan sudah berjalan selama 1 tahun

  3. Layanan Pasar Sekunder Bizhare akan dibuka setiap hari mulai dari pukul 09:00 - 16:00 WIB, Anda akan mendapatkan ringkasan transaksi Pasar Sekunder setiap hari nya melalui email.

  4. Jika sampai pukul 16.00 WIB masih ada transaksi penawaran dan permintaan saham yang belum terpenuhi, maka transaksi tersebut akan di reset secara otomatis oleh sistem dan Anda bisa melakukan kembali melakukan transaksi penawaran dan permintaan saham pada keesokan hari nya.

  5. Perubahan harga lembar saham pada Transaksi Pasar Sekunder akan menyesuaikan dengan Last Price atau harga terakhir penawaran dan permintaan transaksi setiap harinya.


Permintaan Saham (Bid)


Hal - hal yang perlu diperhatikan saat Anda melakukan permintaan (bid) saham di Pasar Sekunder Bizhare ;

  1. Anda wajib mendaftar sebagai user di www.bizhare.id dan pastikan akun anda sudah terverifikasi oleh admin, dengan tanda centang hijau pada profil anda.

  2. Anda dapat melakukan permintaan (bid) saham pada Layanan Pasar Sekunder yang telah kami siapkan di website resmi www.bizhare.id

  3. Anda dapat melakukan transaksi permintaan (bid) saham dengan melakukan permintaan harga saham sesuai dengan Auto Reject Atas (Batas Atas) dan Auto Reject Bawah (Batas Bawah) yang telah ditentukan oleh sistem. Anda dapat membuat permintaan harga saham dengan harga yang sama dengan salah satu harga penawaran saham yang sedang berlangsung, untuk mempermudah dan mempercepat transaksi permintaan saham Anda.

  4. Lakukan Permintaan (bid) saham sesuai dengan langkah-langkah yang tertera di artikel ini.

  5. Jika transaksi permintaan (bid) saham tidak berhasil diproses, maka dana Anda akan kami kembalikan 100% melalui Saldo Bizhare Anda yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi investasi berikutnya.

  6. Pada saat melakukan transaksi permintaan (bid) saham, Anda akan dikenakan Biaya Layanan sebesar 5% dari total transaksi Anda, sama seperti pada saat transaksi saham di penawaran perdana.


Langkah - langkah permintaan (bid) lembar saham di Pasar Sekunder Bizhare :

  1. Anda bisa melakukan transaksi permintaan (bid) lembar saham Pasar Sekunder di https://bizhare.id/pasar-sekunder

  2. Pilih bisnis/ penerbit yang Anda inginkan

  3. Klik tombol “Beli” kemudian masukan nominal harga permintaan lembar saham dan juga jumlah lembar saham yang ingin Anda beli.

  4. Kemudian pilih Metode Pembayaran yang tersedia, dan klik tombol “Permintaan Beli” dan pilih “Lanjutkan Permintaan Beli” untuk ke tahap selanjutnya.

  5. Selesaikan pembayaran dari transaksi permintaan (bid) lembar saham Anda, sesuai dengan instruksi yang telah diinformasikan. Jika Anda belum menyelesaikan pembayaran, transaksi Anda belum dapat diproses.

  6. Anda bisa cek email Anda atas konfirmasi permintaan (bid) saham yang telah Anda lakukan

  7. Jika ada harga penawaran (offer) lembar saham yang sama maka transaksi permintaan (bid) Anda akan berhasil. Namun jika belum, maka Anda masih bisa menunggu penawaran dari user lain hingga pukul 16:00 WIB atau membatalkan permintaan lebih cepat dan melakukan permintaan saham dengan nominal yang lain yang sesuai dengan penawaran pasar. Jika belum ada harga penawaran (offer) saham yang sama dengan permintaan anda hingga penutupan pasar sekunder di hari itu, maka dana Anda akan kami refund 100% ke Saldo Bizhare Anda.

Penawaran Saham (Offer)


Hal - hal yang perlu diperhatikan saat melakukan penawaran (offer) saham di Pasar Sekunder Bizhare ;

  1. Anda memiliki bisnis yang sudah berjalan 1 tahun dan masuk dalam periode Pasar Sekunder

  2. Anda dapat melakukan penawaran (offer) saham pada Layanan Pasar Sekunder yang telah kami siapkan di website resmi www.bizhare.id

  3. Anda dapat melakukan transaksi penawaran (offer) saham dengan melakukan penawaran harga saham sesuai dengan Auto Reject Atas (Batas Atas) dan Auto Reject Bawah (ARB) yang bersifat dinamis. Hal Tersebut ditujukan untuk mengontrol harga saham

  4. ARA dan ARB (Per tanggal 1 Februari 2021) - Auto Reject Atas (Batas Atas) maksimal 30% dari harga pembukaan dan Auto Reject Bawah (Batas Bawah) minimum 5% dari harga pembukaan yang telah ditentukan oleh sistem. Contoh: Jika harga dibuka dengan harga Rp 5 juta, maka maksimal penawaran Rp 6,5 juta dan minimal Rp 4,75 juta

  5. ARA dan ARB (Per tanggal 3 Februari 2021) - Auto Reject Atas (Batas Atas) maksimal 20% dari harga pembukaan dan Auto Reject Bawah (Batas Bawah) minimum 20% dari harga pembukaan yang telah ditentukan oleh sistem. Contoh: Jika harga dibuka dengan harga Rp 5 juta, maka maksimal penawaran Rp 6 juta dan minimal Rp 4 juta

  6. Lakukan Penawaran (offer) saham sesuai dengan langkah-langkah yang tertera di artikel ini.

  7. Jika transaksi Penawaran (offer) saham Anda berhasil diproses, maka dana hasil penjualan saham tersebut masuk ke Saldo Bizhare Anda, setelah dikenakan Biaya Layanan sebesar 1% dari harga penjualan saham tersebut.


Langkah - langkah Penawaran (offer) lembar saham di Pasar Sekunder Bizhare :

  1. Anda bisa melakukan transaksi Penawaran (offer) saham Pasar Sekunder di https://bizhare.id/pasar-sekunder

  2. Pilih saham bisnis penerbit yang Anda ingin tawarkan. Pastikan Anda memiliki saham pada bisnis tersebut.

  3. Klik tombol “Jual”

  4. Kemudian masukan nominal harga penawaran saham dan juga jumlah lembar saham yang ingin Anda tawarkan. Kemudian klik “Penawaran Jual” dan pilih “Lanjutkan Penawaran Jual” untuk menyelesaikan transaksi penawaran (offer) lembar saham Anda.

  5. Anda bisa cek email Anda atas konfirmasi Penawaran (offer) lembar saham yang telah Anda lakukan dan menunggu adanya Permintaan (bid) dari user lain. Anda juga bisa memantau pergerakkan transaksi pasar sekunder tersebut melalui website Bizhare.

  6. Jika ada harga permintaan (bid) saham yang sama dengan penawaran (bid), maka transaksi penawaran (offer) saham Anda akan berhasil. Namun jika belum, maka Anda masih bisa menunggu permintaan (bid) dari user lain hingga pukul 16:00 WIB atau membatalkan penawaran lebih cepat dan melakukan penawaran saham dengan nominal yang lain yang sesuai dengan permintaan pasar.


Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Layanan Pasar Sekunder Bizhare, Anda dapat menghubungi Investor Relation kami di WA 0811-101-430 atau ke email support@bizhare.id



1,113 views0 comments
Tentang Kami
logo Bizhare.PNG

Bizhare.id adalah Platform investasi Equity Crowdfunding yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  

 

Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk dapat bebas finansial. Sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri, ayo bergerak belajar bersama dan mulai berinvestasi. 

Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts