Bizhare Headquarter

Jl. Raden Saleh Raya No.46A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 10330

WA: 0811-101-430

info@bizhare.id

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • LinkedIn Social Icon

© 2020 Bizhare.id Copyright All Right Reserved

  • bizhare.id

5 Cara yang bisa anda Lakukan untuk Menjadi lebih Produktif saat Bekerja

Updated: 2 days ago


Ketika sedang bekerja atau akan bekerja, kita memiliki pilihan, mau kerja semangat atau males-malesan. Walaupun begitu, harus siap dengan konsekuensinya yang dihadapi. Ketika males-malesan akibatnya pekerjaan menjadi tertunda dan hasilnya kurang memuaskan. Bila anda bekerja dan punya bos, pastilah bos anda lebih senang ketika anda bekerja dengan semangat dan menyelesaikan tugas anda dengan baik, begitu juga ketika anda punya karyawan atau rekan kerja, karena energi itu menular melalui lingkungan.

Mungkin anda merasa kadang entah kenapa males itu muncul, padahal kita tahu bahwa semangat tentu akan memberikan hasil yang lebih baik. Untuk itu ada beberapa cara yang anda bisa lakukan supaya anda bisa lebih semangat dan rajin ketika mulai berativitas. Paling tidak ini yang bisa anda lakukan, mungkin saja berbeda untuk tiap orang ya :

1. Olahraga di Pagi Hari

Sumber gambar : http://www.sport-egger.com/en/home/team.html

Sebelum memulai beraktivitas, ada baiknya anda melatih tubuh anda dan bergerak. Tidak harus pergi ke gym sebenarnya, kalau anda tidak mau ribet. Anda bisa juga mulai lakukan olahraga ringan di rumah, entah push up, sit up atau bahkan hanya jalan pagi keliling area rumah anda. Menurut penelitian, olahraga bisa menyehatkan tubuh dan memperlancar peredaran darah kita, sehingga saat anda bekerja nanti, bisa lebih fresh dan bisa menyelesaikan segala tantangan pekerjaan yang ada ke depannya.

Bagi anda yang ingin membentuk tubuh, gym juga merupakan pilihan yang bagus. Selain sehat, tubuh yang ideal juga meningkatkan rasa percaya diri dan penampilan anda di mata konsumen atau rekan kerja, sehingga tentunya anda bisa merah hal-hal yang lebih positif ketika beraktivitas. Jangan percaya sebelum rasakan sendiri ya betapa anda akan jadi lebih rajin dan semangat menjalankan keseharian, jika anda berolahraga dulu di pagi hari.

2. Visualisasi dan Afirmasi

Sumber Gambar : darencademy.com

Sebelum saya menjelaskan tentang hal ini, sudahkah anda menuliskan goal dan menempelkan di kamar anda? Anda bisa cek artikelnya disini Jika Anda Susun Resolusi Tahun Baru dengan cara seperti ini, Anda bisa buktikan sendiri Goal anda tersebut, bisa lebih mudah tercapai

Jika anda sudah menulisnya, tentu poin ke 2 ini lebih mudah dilakukan. Anda bisa membaca goal anda setiap hari dalam hati atau bersuara (terserah anda), berikut bagaimana cara anda mencapainya. Bayangkan juga betapa senangnya anda, saat anda sudah berhasil mencapai goal tersebut dan seberapa sedihnya anda ketika itu semua tidak tercapai. Anda bisa berikan juga reward dan punishment untuk diri anda, sebagai motivasi tambahan.

Tentunya, setelah anda melakukan Visualisasi dan afirmasi tersebut, secara alam bawah sadar, energi anda akan mengarah bagaimana caranya untuk mencapainya dan membuat anda semangat dalam beraktivitas.

3. Tentukan tempat yang fokus untuk bekerja

Sumber Gambar : Newmedicinerock.com

Ketika bekerja, tempat juga terkadang mempengaruhi produktivitas lho. Pernahkah anda merasa , saat bekerja seharian di kantor dan sudah sampai rumah, jadi tidak minat ngapa-ngapain yang berhubungan dengan pekerjaan? Atau walaupun membawa pekerjaan ke rumah, produktivitas anda tidak seperti ketika bekerja full time di kantor?

Ya, suasana kerja dan panca indera yang anda rasakan, mempengaruhi emosi kita yang akan berdampak pada pada kinerja anda. Bukan berarti anda harus bekerja di kantor. Sebagai pengusaha atau karyawan di era digital seperti sekarang ini, malah kita memiliki fleksibilitas untuk bekerja remote/ tidak di kantor, misalkan di kafe, rumah, restoran atau dimanapun, sesuai kenyamanan kita masing-masing, yang penting target serta deadline pekerjaan, tercapai dengan baik.

4. Gunakan Tools untuk Produktivitas

Sumber Gambar : Jeff Poulette

Teknologi sekarang ini sudah banyak membantu kita untuk bekerja dengan lebih produktif. Salah satunya penggunaaan aplikasi dan tools seperti:

Trello (Productivity Board)

Slack (Messenger)

To Do ist (To do list Tool)

Google Drive (Cloud Storage)

Pomodoro(Productivity timer)

Google Calender (Meeting arragement), dsb.

Tools-tools tersebut, memungkikan anda untuk bisa lebih produktif dengan rekan kerja, tanpa harus berada di dalam satu ruangan sekalipun dan tetap bisa stay productive.

Kalau anda belum pernah mencobanya, anda boleh mulai mencobanya, siapatau cocok dengan budaya dan ritme kerja anda bersama tim.

5. Catat hal-hal yang sudah anda lakukan

Sumber Gambar : Vinfolio Blog

Menurut T. Harv Eker, Entrepreneur dan Public Speaker Internasional, menuliskan 5 kesuksesan harian kita setiap harinya, bisa membuat anda merasa fulfilled dan bertambah semangat untuk mengerjakan tugas-tugas anda selanjutnya di keesokan harinya.

Karena jumlahnya yang sudah ditentukan, ini membuat anda memacu diri anda untuk melakukan hal produktif yang bisa anda anggap sebagai kesuksesan. Inilah yang bisa menjadi motivasi anda ketika tiba-tiba kemalasan muncul. Apalagi, jika anda membuat komunitas kecil dan saling menyampaikan 5 kesuksesan anda . Dengan demikian, anda dengan sendirinya akan terpacu untuk bisa memberikan yang terbaik dalam menjalani hari anda.

Demikianalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk bisa menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 5 Hal ini tidak perlu anda lakukan semua. Ini hanyalah contoh dan bisa anda pilih sesuai dengan karakteristik, serta pekerjaan anda.

Goodluck!

#produktivitas #produktif #bisnis #pekerjaan #tools #afirmasi #goalsetting #tempatkerjaideal #remote #carabekerjadenganproduktif #productivitytools

492 views
Tentang Kami
logo Bizhare.PNG

Bizhare.id adalah Platform investasi Equity Crowdfunding yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  

 

Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk dapat bebas finansial. Sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri, ayo bergerak belajar bersama dan mulai berinvestasi. 

Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts