• bizhare.id

Bagaimana Etika ingin memulai bisnis dengan orang Jepang

Updated: Apr 14


Hai Bizharian, dalam mengembangkan bisnis pastinya kita butuh jaringan yang luas. salah satunya kamu bisa bekerja sama memulai bisnis dengan orang Jepang.

Biasanya perkenalan diawali dengan pertukaran kartu nama. namun ternyata dalam pertukaran kartu nama, orang Jepang memiliki suatu etika khusus dalam memperlakukan kartu nama yang diterima dari rekan bisnisnya, diantaranya:


1. Sebaiknya simpan kartu nama di tempat penyimpanan kartu nama/card holder. Hindari mengambil kartu nama dari dompet yang disimpan di belakang saku celana, sebaiknya simpan card holder di saku baju atau jas. Hal ini sangat mempengaruhi etika pertukaran kartu nama saat pertama kali berkenalan


2. Serahkan kartu nama dengan kedua tangan, dengan badan sedikit membungkuk, demikian pula saat menerima kartu nama.


3. Pastikan kartu nama diserahkan dengan posisi huruf menghadap lawan bicara, sehingga lawan bicara bisa langsung dengan mudah membacanya.


4. Setelah menerima kartu nama, sebaiknya tanyakan beberapa pertanyaan ringan mengenai hal-hal yang tertera di kartu nama tersebut. Selanjutnya, ungkapkan rasa senang karena telah bertemu dengan pemberi kartu. Hindari langsung memasukan kartu nama ke dalam kantong, karena terkesan tidak mau tahu atau tidak mau mengenal orang yang memberikan.


5. Letakkan kartu nama yang baru saja diterima di atas meja. Hal ini untuk mempermudah penyebutan nama saat ada beberapa rekan bisnis pada saat bersamaan. Hindari menumpuk kartu nama, namun bariskan satu per satu sesuai urutan tempat duduk klien. Hal ini sangat berguna bagi orang yang sulit mengingat nama beberapa orang sekaligus, sehingga dengan barisan kartu nama tersebut, seseorang dapat melirik kartu nama yang diletakkan sambil menyapa rekan bisnis yang baru dikenal. Hal ini dianggap lebih sopan dari pada bertanya ‘’Maaf, dengan Bapak siapa tadi?’’.


6. Jangan sungkan meminta kartu nama, ketika rekan bisnis terlihat lupa untuk memberikan, demi kelancaran komunikasi selanjutnya. Meminta kartu nama kepada orang Jepang tidak dianggap sebagai hal yang melanggar etika, asal meminta dengan sopan. Pastikan juga bahwa informasi yang tertera dalam kartu nama adalah informasi yang valid atau masih dapat dipakai untuk berkomunikasi.


7. Pastikan kartu nama yang akan diberikan kepada rekan bisnis adalah kartu nama yang bersih, tidak sobek, dan tidak ada bekas lipatan.


8. Setelah menerima kartu nama, jangan memainkannya, seperti menggulung, melipat, dll.

orang Jepang biasa membuat kartu namanya dengan dua sisi kartu nama, di satu sisi ditulis dengan Bahasa Jepang dan di sisi lainnya dengan Bahasa Inggris. Setelah menerima kartu nama ada baiknya mengingat pemberi kartu nama dengan membuat catatan kecil.

mengenai nama, tempat pertama kali bertemu, atau hal-hal lain yang memudahkan ingatan untuk mengingat kembali. Hal ini penting, karena bagi orang Jepang, merupakan hal yang sangat tidak sopan untuk melupakan orang yang sudah pernah bertukar kartu nama denganya, terutama saat bertemu di lain kesempatan.


28 views0 comments
Tentang Kami
logo Bizhare.PNG

Bizhare.id adalah Platform investasi Equity Crowdfunding yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  

 

Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk dapat bebas finansial. Sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri, ayo bergerak belajar bersama dan mulai berinvestasi. 

Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts