Bizhare Headquarter

Jl. Raden Saleh Raya No.46A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 10330

WA: 0811-101-430

info@bizhare.id

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • LinkedIn Social Icon

© 2020 Bizhare.id Copyright All Right Reserved

  • bizhare.id

7 Keuntungan dan Risiko yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Memulai Investasi


Di dunia yang semakin modern ini, masyarakat Indonesia khususnya di ibukota mengalami berbagai tantangan finansial yang mendorong mereka untuk menjalankan berbagai strategi demi bisa memiliki masa depan yang cerah tanpa krisis finansial, mulai dari menabung jangka panjang alias deposito, mendaftarkan keluarga untuk asuransi kesehatan, pendidikan hingga memulai investasi.

Investasi sendiri lebih dikenal sebagai penanaman modal yang kini mulai dilirik oleh banyak orang dari usia muda hingga tua untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang mereka ikuti di masa depan. Meski investasi kerap menjanjikan keuntungan dari bisnis yang dijalankan, namun ternyata ada beberapa hal yang harus disadari dengan baik nih saat kamu memutuskan untuk memulai jadi investor. Untuk itu, Bizhare memberikan gambaran tentang keuntungan dan resiko yang mungkin terjadi dalam proses investasi. Sebelumnya yuk kita simak dulu dari segi keuntungannya!

1. Mendapat penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan tetap

Buat kamu yang telah berkarir selama bertahun-tahun di sebuah perusahaan atau instansi pastinya meninggalkan pekerjaan kamu demi memulai bisnis baru dan menekuninya pasti menjadi suatu hal yang cukup berat dong? Berbagai pertimbangan seperti jenjang karir dan juga posisi yang telah menjanjika pasti jadi pertimbangan utama banyak orang. Namun dengan memulai investasi kamu bisa memiliki pendapatan lebih dengan hanya menanam modal dan menerima keuntungannya secara berjangka tanpa harus terjun langsung menjalankan bisnisnya.

2. Menyiapkan dana untuk masa depan

Selain bisa memberi keuntungan di masa sekarang, investasi juga bisa menyelamatkan keadaan keuangan kamu di masa depan. Dengan bisnis yang berjalan terus menerus dari tahun ke tahun, tanpa terasa dividen tersebut akan semakin berkembang waktu ke waktu mengisi rekening investor. Melalui pemasukan ini, para penanam modal memiliki pemasukan berlipat yang bisa mereka manfaatkan untuk kebutuhan tertentu di kemudian hari.

3. Memberi wawasan baru tentang finansial khususnya bisnis

Selain memberi keuntungan dalam segi materi, investasi juga memberikan keuntungan dalam hal wawasan. Coba kamu bayangkan, apabila menanam modal untuk bisnis food and beverage, pasti hal tersebut secara langsung membuat kamu mempelajari lebih dalam mengenai bisnis di bidang tersebut. Selain itu investasi juga hadir dalam berbagai macam jenis yang mendorong kamu untuk mempelajarinya terus menerus jika kamu serius ingin menjadi investor. Gak hanya kantong yang terisi, namun juga pengetahuan kamu. Hebat bukan?

4. Bye boros! Investasi mengajarkanmu memanfaatkan uang untuk sesuatu yang lebih bermanfaat

Kemana perginya penghasilan yang kamu terima dari kantor tempat kamu bekerja setiap bulannya? Untuk hangout bersama teman? Beli baju baru? Atau bahkan mencicil gadget terbaru dan tas branded yang sebenarnya tidak kamu butuhkan? Coba bandingkan jika kamu mulai berinvestasi, kamu dapat menyalurkan penghasilan kamu untuk sebuah bisnis yang tidak hanya bermanfaat untuk kamu namun juga untuk banyak orang. Bayangkan saja jika kamu memulai investasi di bisnis UMKM milik pengusaha lokal, kamu akan ikut andil dalam perkembangan bisnis tanah air serta ada bonus mendapat keuntungan dari berjalannya bisnis tersebut. Luar biasa bukan?

Selain banyaknya keuntungan yang bisa kamu nikmati berikut beberapa resiko yang bisa terjadi saat kamu berinvestasi, diantaranya adalah:

5. Tidak bisa mengontrol bisnis yang telah diinvestasikan secara 100%

Saat kamu menanam modal, maka itu saat mulai mempercayakan uangmu untuk diputar untuk kepentingan operasional bisnis oleh si pelaku bisnis. Tidak seperti menjalankan bisnis sendiri, dimana kamu bisa mengatur dan menentukan langkah sendiri. Saat menanam modal kamu menaruh kepercayaan kepada sekuritas maupun perusahaan urun dana tempat kamu menanam modal. Eits, tapi kamu juga tetap bisa mengontrol perkembangan bisnisnya sesuai dengan kebijakan perusahaan sehingga kamu tak perlu khawatir akan modal yang kamu tanamkan. Namun bersama Bizhare, kamu bisa memantau perkembangan bisnis kamu melalui laporan keuangan yang kami berikan. Selain itu, kamu sebagai investor juga bisa memberi masukan dan mengajukan berbagai pertanyaan melalui fitur “Tanya Admin”, sehingga kamu tak perlu khawatir berinvestasi.

6. Risiko perubahan jumlah dividen

Ini dia hal penting yang belum banyak disadari betul oleh banyak orang yang baru saja memulai investasi. Hanya terfokus akan keuntungan yang didapatkan tanpa harus menjalankan bisnis sendiri, banyak masyarakat yang melupakan kalau investasi adalah bisnis yang berbeda dari bunga tabungan dimana berbagai kemungkinan seperti bisnis yang dijalankan mengalami kerugian bisa saja terjadi. Banyak hal tak terduga dalam bisnis yang mungkin terjadi seperti kendala dalam operasional, sumber daya manusia yang tidak memadai dan banyak faktor lainnya yang mempengaruhi performa bisnis dan tentunya mempengaruhi jumlah dividen yang didapatkan penanam modal. Pada dasarnya membuka bisnis sendiri dan memulai bisnis bersama Bizhare memiliki tingkat resiko yang sama. Namun, bersama Bizhare, kamu bisa meminimalisir resiko tersebut karena membangun bisnis bersama-sama sehingga resiko yang ditanggung juga semakin kecil lho!

7. Risiko kehilangan modal

Selain risiko di atas, risiko terpahit yang harus dipahami betul oleh investor adalah kemungkinan hilangnya seluruh uang yang ia gunakan untuk menanam modal. Hal tersebut mungkin saja terjadi jika bisnis yang dijalankan bangkrut. Maka dari itu, memilih bisnis untuk investasi dengan mempertimbangkan berbagai aspeknya menjadi hal penting bagi para investor agar hal ini tidak terjadi. Selain itu memilih penyelenggara investasi yang tepat juga tak kalah pentingnya.

Meski terdapat beberapa risiko yang mungkin saja terjadi saat melakukan investasi, kamu tidak perlu khawatir. Dengan mempercayakan modal melalui penyelenggara terpercaya seperti Bizhare, kamu bisa berinvestasi secara tenang. Bizhare sendiri merupakan pionir perusahaan urun dana di Indonesia yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Sebagai penyelenggara, Bizhare melakukan berbagai tahap mulai dari analisa, monitor dan pengembangan bisnis penerbit yang berjalan. Jangan tunggu esok dan menua, #SekarangWaktunya kamu bisa bebas secara finansial dengan memulai investasi. Yuk jadi penanam modal yang cerdas dan bijak bersama Bizhare!


380 views
Tentang Kami
logo Bizhare.PNG

Bizhare.id adalah Platform investasi Equity Crowdfunding yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  

 

Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk dapat bebas finansial. Sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri, ayo bergerak belajar bersama dan mulai berinvestasi. 

Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts