Bizhare Headquarter

Jl. Raden Saleh Raya No.46A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 10330

WA: 0811-101-430

info@bizhare.id

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • LinkedIn Social Icon

© 2020 Bizhare.id Copyright All Right Reserved

  • bizhare.id

Tips Aman Berinvestasi Tanpa Rasa Takut


Pada era digital saat ini, jenis investasi mulai beragam tetapi banyak masyarakat yang menghadapi ketakutan sebelum berinvestasi. Banyak orang takut bahwa investasi akan menyebabkan kehilangan uang, investasi membutuhkan modal yang besar. Padahal ada beberapa instrumen investasi yang memiliki modal minim.

Ketakutan selanjutnya ialah investasi itu rumit dan perlu pengetahuan khusus. Padahal investasi akan menjadi mudah jika kita mempelajari atau memantau investasi kita secara berkala. Investasi merupakan pilihan yang dapat kita manfaatkan dengan bijak. Oleh karena itu, penting bagi kita senantiasa belajar dan menggali informasi terlebih dahulu sebelum memulai investasi dalam bentuk apapun.

Keuntungan dalam berinvestasi pada saat masih muda, Anda akan lebih percaya diri dan belajar lebih bersemangat untuk menghadapi masa depan. Apalagi jika dana investasi tersebut dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data dari platform Bizhare, jumlah investor sejak 2018 hingga 2019 pada usia 20-30 Tahun meningkat menjadi 13 kali lipat. Hal ini membuktikan bahwa beberapa masyarakat sudah sadar pentingnya berinvestasi.

Berinvestasi memang merupakan cara seseorang untuk memenuhi tujuan keuangan. Tujuan keuangan dapat berupa kebebasan finansial yang berarti mencukupi seluruh kebutuhan dan merencanakan masa depan dengan baik. Investasi merupakan salah satu cara mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Akan tetapi banyak beberapa orang yang terkadang takut untuk memulai berinvestasi dan bingung harus mulai darimana. Jika Anda salah satunya, tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan beberapa tips aman dalam berinvestasi tanpa rasa takut.

Tanamkan Mindset Investasi yang Benar

Mindset adalah salah satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang selain kerja keras, pengalaman, skill, network dan sebagainya. Karena pada dasarnya mindset mempengaruhi kebiasaan dan tindakan setiap harinya. Kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh mindset memiliki persentase 80% dan 20% adalah skill. Mindset membawa dampak yang signifikan dalam mencapai kesuksesan Beberapa orang berpikir investasi ialah cara untuk cepat kaya. Perbedaan mindset ini akan membuat seseorang yang melakukan hal yang sama namun memiliki hasil yang berbeda. Oleh karena itu perlu diketahui beberapa mindset yang dapat mengubah perilaku dan tindakan Anda kearah yang lebih baik untuk kesuksesan.

Optimis

Bersemangat dan optimis memberikan yang terbaik, orang yang tidak berhasil, biasanya mereka pesimis ketika orang lain memberikan pendapat dan cepat menyerah ketika ada tantangan. Padahal seharusnya mindset yang dimiliki ialah dapat membuktikan dengan ide yang dimiliki untuk menuju kesuksesan.

Pantang Menyerah

Pantang menyerah dalam meraih kesuksesan. Kebanyakan beberapa orang sudah merasa lelah dan mengeluh tentang mengapa mereka belum sukses. Namun untuk menuju kesuksesan dibutuhkan proses yang baik untuk menuju kesuksesan yang Anda inginkan. Karena kerja keras dan proses tidak akan mengkhianati Anda. Hal ini sama seperti dalam dunia investasi karena pada kenyataanya investasi ialah langkah perencanaan masa depan untuk memenuhi tujuan keuangan. Untuk memenuhi tujuan tersebut pastinya dibutuhkan waktu. Bila kita lihat contoh nyata Warren Buffett tidak mencapai semuanya dalam waktu 1 malam, melainkan bertahun-tahun dan secara konsisten.

Tidak Takut pada Risiko

Hidup adalah pilihan. Ketika kita memilih untuk hidup nyaman tanpa risiko, hidup Anda tidak akan berkembang. Namun, bila Anda memilih untuk menghadapi suatu permasalahan dengan risiko dan tantangan maka hidup Anda akan lebih berkembang.

Saat kita memilih untuk berkembang menuju kesuksesan pastinya kita belajar dari suatu persoalan. Begitu juga dengan dunia investasi bisnis, ada beberapa risiko yang dapat mungkin terjadi tapi kita dapat memilih meminimalisasi risiko tersebut. Terkadang memang keuntungan yang didapatkan dari jalan investasi sebanding dengan risikonya. Jika merasa memang tidak terlalu paham dengan seluk beluk investasi, alangkah baik bertanya kepada yang lebih paham, dan cenderung memilih investasi dengan risiko minim.

Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan agar mengurangi potensi kerugian dalam berinvestasi. Hal tersebut seperti melihat dan menentukan tujuan serta waktu berinvestasi, memilih berinvestasi langsung atau tidak langsung, dan menentukan jenis investasi yang pas.

Pastikan Anda mengenal instrumen investasi yang akan dipilih.

Proses pengenalan awal akan dapat membantu Anda mengatasi ketakutan. Bagi Anda yang ragu-ragu memulai investasi harus mempertimbangkan untuk melakukannya. Hal ini akan memahami investasi sebelum memulai nya.

Ini akan membantu membangun pengalaman yang dapat meningkat peluang untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan. Contohnya jika memilih berinvestasi yang memiliki tujuan jangka panjang dapat memilih investasi saham seperti Equity Crowdfunding.

Berinvestasi Menggunakan Dana Bebas

Dana bebas adalah dana atau uang yang tidak terpakai atau tidak direncanakan untuk dipakai dalam kurun waktu tertentu. Sebelum benar-benar yakin mengeluarkan sejumlah dana untuk keperluan berinvestasi, maka Anda sebaiknya memisahkan dana untuk investasi dengan dana darurat dan dana kebutuhan sehari-hari.

Anda bisa memisahkan rekening investasi dengan rekening sehari-hari, sehingga dana investasi akan selalu aman tidak tersentuh. Anda bisa mengetahui alokasi dana yang harus ditabung dengan mudah dan praktis. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan jika berinvestasi menggunakan dana cadangan ataupun dana darurat.

Pastikan Perusahaan yang Menawarkan Investasi Telah Memiliki Izin OJK

Hal utama yang perlu diperhatikan saat berinvestasi ialah memilih perusahaan yang resmi/ legal. Agar tidak terkena tipu perusahaan investasi bodong, maka kita harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perusahaan yang menawarkan produk investasi tadi.

Cara termudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui perusahaan tersebut aman atau tidak adalah melihat apakah perusahaan yang bersangkutan sudah berada dibawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum. Sehingga bila terjadi kasus yang merugikan dapat melakukan mengajukan pengaduan ke OJK.

Jika terbukti melakukan pelanggaran, izin perusahaan tersebut dapat dicabut. Kemudian pastikan Anda memilih perusahaan yang memiliki pengalaman dan reputasi yang baik dan terpercaya. Jangan terburu-buru tergiur dengan tawaran menarik perusahaan, perhatikan juga berapa banyak jumlah investor yang memakai jasa perusahan tersebut.


286 views
Tentang Kami
logo Bizhare.PNG

Bizhare.id adalah Platform investasi Equity Crowdfunding yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  

 

Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk dapat bebas finansial. Sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri, ayo bergerak belajar bersama dan mulai berinvestasi. 

Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts