Bizhare Headquarter

Jl. Raden Saleh Raya No.46A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 10330

WA: 0811-101-430

info@bizhare.id

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • LinkedIn Social Icon

© 2020 Bizhare.id Copyright All Right Reserved

  • bizhare.id

Mengapa anda Perlu mulai Berinvestasi, gak Peduli berapapun Penghasilan anda Sekarang?

Updated: 2 days ago


Pernahkan anda dengar seseorang berkata, "Ah, gimana mau investasi, orang penghasilan aja pas-pas an" atau "Nanti lah investasinya kalau udah banyak duit". Ya, kebanyakan orang masyarakat kita di Indonesia, belum terbiasa berinvestasi. Mereka hanya menggantungkan hidupnya pada pemasukan rutin mereka baik dari hasil bisnis atau gaji, yang digunakan untuk hidup. Mentok-mentok, hanya ditabung di bank. Itulah salah satu penyebab, keuangan masyarakat menengah di Indonesia, kurang bisa meningkat secara pesat.

Padahal, seperti yang kita tau bersama, secara umum rata-rata inflasi di Indonesia bisa mencapat 5-7% per tahun. Bayangkan jika anda menabung di bank bahkan deposito sekalipun dengan bunga di bawah itu, tentu bukannya bertambah, malah berkurang nilainya. Buat yang baru dengan istilah Inflasi, ini adalah penuruan nilai mata uang sebuah negara, simpelnya uang Rp100,00 dulu sudah bisa beli gorengan, sekarang minimal Rp 5000,00 baru dapet gorengan 3. Jadi kemampuan uang untuk membeli barang jadi turun. Lalu bagaimana solusinya?

Anda perlu meletakkan uang anda di Instrumen lebih besar dari nilai inflasi, seperti yang sudah pernah kita bahas tentang jenis-jenis aset kelas. (Baca juga: 4 Jenis Aset Kelas menurut Robert T. Kiyosaki ini yang perlu anda ketahui, sebelum anda Memulai Investasi). Namun, sebelum berinvestasi, anda juga perlu pelajari masing-masing karakter dari instrumen tersebut. Jika anda bertanya kapan waktu memulainya, jawabannya adalah SEDINI MUNGKIN. Lebih cepat anda berinvestasi, anda bisa melindungi dan mengembangkan uang anda dengan lebih cepat, karena salah satu karakter investasi adalah efek bunga-berbunga / compounding interest. Inilah alasan kenapa orang kaya tambah kaya, karena mereka terus menggulung uang mereka supaya bisa berkembang secara terus menerus, dari waktu ke waktu.

Mungkin mulai muncul pertanyaan di benak anda, bahwa bunga itu riba. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, bahkan banyak instrumen lain yang bebas riba, salah satunya dengan konsep bagi hasil dan syariah. Intinya adalah, sangat penting untuk melindungi nilai uang anda, supaya tidak tergerus oleh inflasi.

Investasi itu bukan tentang jumlah, tapi tentang Kebiasaan

Kembali ke diskusi kita di awal tadi, Investasi itu sebenarnya bukan masalah jumlah besar atau kecil, melainkan mindset dan kebiasaaan yang dibentuk oleh masing-masing diri kita sendiri. Coba bandingkan cerita berikut ini :

Bayangkan, seseorang yang tidak biasa berinvestasi dan memiliki penghasilan sedang-sedang saja, tiba-tiba dapat undian Rp 10 Milyar. Coba perhatikan apa yang terjadi beberapa tahun kemudian, kemungkinan besar, keadaan keuangannya akan kembali seperti awal sebelum ia mendapatkan uang tersebut.

Sebaliknya, andai Warren Buffet, mendonasikan seluruh harta kekayaannya kepada orang yang membutuhkan dan memulai semua nya kembali dari 0, kemungkinan besar beberapa tahun kembali, keadaan keuangannya akan kembali seperti semula.

Ilustrasi diatas, membuktikkan bahwa, bukan besaran uang yang membuat seseorang bisa kaya atau tidak, tapi ada faktor lain diluar itu semua seperti kebiasaan, koneksi, pergaulan, pola hidup, pengetahuan dsb.

Jadi, Walaupun dengan penghasilan kecil sekalipun, semua orang perlu belajar, bergaul dengan orang yang lebih sukses, mencari kenalan sebanyak-banyaknya dan mulai berinvestasi. Banyak instrumen investasi yang minimal investasinya bahkan mulai dari Rp 100.000,00 saja, seperti reksadana atau platform investasi digital yang sudah banyak bermunculan.

Untuk itu, karena anda sudah baca artikel ini, mulai mengerti dan tau bahwa anda harus segera mulai investasi, maka anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang beruntung dan mempunyai kapabilitas untuk merancang masa depan anda dengan lebih baik, maka dari itu, Anda bisa segera mulai pelajari berbagai instrumen investasi dan mulai berinvestasi pada salah satu dari instrumen tersebut sekarang juga.

Semoga bermanfaat ya.

Sumber Gambar :

http://www.pewtrusts.org/~/media/post-launch-images/2016/03/household_expenditures_and_income/household_expenditures_and_income_16x9.jpg?la=en

https://i.ytimg.com/vi/-5apCNP3i5U/maxresdefault.jpg

#mindset #investor #karakterinvestor #keuangan #kebiasaan #polakeuangan #strategiinvestasi #mindsetinvestor #waktuyangtepatuntukinvestasi #mengapaperlumulaiinvestasi #alasanberinvestasi #inflasi

Tentang Kami
logo Bizhare.PNG

Bizhare.id adalah Platform investasi Equity Crowdfunding yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  

 

Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk dapat bebas finansial. Sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri, ayo bergerak belajar bersama dan mulai berinvestasi. 

Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts