Bizhare Headquarter

Jl. Raden Saleh Raya No.46A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, 10330

WA: 0811-101-430

info@bizhare.id

  • Facebook Social Icon
  • Instagram
  • LinkedIn Social Icon

© 2020 Bizhare.id Copyright All Right Reserved

  • bizhare.id

Susun Resolusi Tahun Baru dengan cara ini dan buktikan sendiri Goal anda tercapai lebih mudah

Updated: 2 days ago


Sebelum kita memulai sesuatu, apakah anda sudah membuat atau menentukan goal yang akan anda capai? Sebagian besar di luar sana, biasanya ketika memiliki tujuan tertentu, tidak secara khusus menulis atau menetapkan goal yang mereka tuju dengan jelas. Tahukah anda, jika kita membuat dan menetapkan goal kita secara lebih jelas dan tertulis, tujuan kita tersebut akan lebih mudah untuk tercapai? Ya, biasanya ini anda lakukan ketika membuat resolusi tahun baru atau event-event tertentu. Namun saya penasaran, apakah goal tersebut pada akhir tahun sudah tercapai?

Kebanyakan orang menuliskan kembali resolusi yang sama ketika tahun baru, karena belum tercapai sejak tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan, otak kita tidak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan, sehingga ketika berusaha menggapainya pun terasa berat. Semakin anda baca artikel ini, semakin anda pensaran kan, bagaimana sih sebenarnya teknik yang ampuh untuk mengatur goal kita.Lanjutkan membaca ya..

Strategi Menentukan Goal

Menentukan goal itu sama hal nya ketika anda ingin berpergian ke suatu tempat, misalkan saja anda mau pergi dari Jakarta ke Medan. Jika anda sudah tahu tujuannya, anda bisa menentukan jalan tercepat untuk mencapainya adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Bayangkan, bila anda belum tahu tujuannya dan sudah terlanjut naik sepeda, apa yang terjadi? Tentu akan memakan waktu yang sangat lama dan tidak efisien.

  • Langkah pertama yang anda perlu lakukan adalah ketahui dulu hasil apa yang ingin anda capai, termasuk dimana, kapan dan dengan siapa anda mengiginkannya, serta apa yang membuat anda tahu, kalau anda sudah mencapai hal tersebut.

  • Setelah itu, gali kondisi anda saat ini, apa yang menghambat anda, sehingga saat ini belum mencapainya? Apa masalah spesifik yang mengentikan anda untuk mencapai hal tersebut? Apa alasan anda kenapa harus mencapai hal tersebut?

  • Baru kemudian tentukan strategi dan teknik yang anda gunakan untuk menggapainya, bisa gali dengan pertanyaan, Apakah sudah pernah mencapai hal ini sebelumnya dan bagaimana caranya? Apakah ada yang sudah mencapai ini sebelumnya dan bisa anda contoh? Apa yang mereka lakukan dan berbeda dari anda? Bagaimana bisa seperti mereka? Apa saja yang sudah anda miliki atau adakan supaya bisa bantu mencapai hal itu?

Nah, sesudah anda melakukan langkah awal tersebut, anda bisa langsung praktekkan bagaimana menyusun goal anda dan menentukan cara untuk menggapainya secara detil dan terukur, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Goal anda harus Dalam kalimat Positif dan Spesifik

Source : https://wesleyvirgin.com/wp-content/uploads/2017/09/positive.jpg

Anda bisa tuliskan dalam bentuk kalimat positif dan jawab pertannyaan seperti Apa yang anda inginkan secara spesifik dan Dimana, Kapan dan dengan siapa anda mengiginkannya. Ini merupakan perwujudan nyata dari Desired state yang sudah anda tentukan di awal tadi. Anda juga bisa tambahkan batas waktu jika merasa itu membantu anda bekerja dengan lebih giat.

Tidak hanya itu saja, anda perlu membayangkan anda sudah mencapainya dan kondisi seperti apa yang anda inginkan ketika mencapai hal tersebut, apa yang tidak akan terjadi bila anda tidak mendapatkannya, mengapa anda sangat mengiginkan hal ini?

2. Goal harus dijamin pelaksanaannya oleh anda

Source : https://www1.cbn.com/sites/default/files/styles/original/public/fists-commitment-team_si.jpg?itok=Cz8nTqy4

Anda sebagai sang pembuat goal harus berkomitmen penuh untuk menjalankan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk membuat goal tersebut tercapai. Seperti di awal tadi, temukan sumber daya apa saja yang anda butuhkan untuk menggapai hal tersebut. Apakah anda sudah memilikinya atau bagaimana supaya anda bisa mempunyai sumber daya tersebut? Cek kembali apakah pelaksanan goal tersebut benar-benar di dalam kendali anda, karena kita tidak bisa menggantungkan pelaksanaan goal tersebut kepada orang lain.

3. Goal harus memiliki bukti indera yang tertulis

Source : http://littlepromisesacademy.com/blog/wp-content/uploads/2015/03/5-senses-cards.jpg

Secara sadar maupun tidak sadar, otak kita lebih mudah memproses sesuatu ke dalam pikiran kita, jika hal tersebut berasal dari 5 panca indera kita, penglihatan, pendegaran, perasaan, perabaan, penciuman. Paling tidak, ketika menentukan goal tersebut anda menuliskan kata yang mengandung minimal 3 dari unsur tersebut sespesifik mungkin.E

Misalkan : “Saya sudah mendapatkan uang 1Milyar dari Passive income setiap bulan dari bisnis saya”

Bandingkan dengan :

“Saya melihat rekening tabungan di ATM saya bertambah sejumlah 1Milyar rupiah setiap bulannya secara otomatis melalui keuntungan bisnis saya. Saya Dengar orang mengucapkan selamat pada saya dan saya merasa sangat bahagia dan bersyukur, telah mencapai hal tersebut”

4. Goal harus Ekologis

Source : https://media.licdn.com/mpr/mpr/p/6/005/08a/174/030280f.jpg

Maksudnya ekologis itu gimana? Ya, goal yang kita miliki harus tetap menjaga hubungan baik kita dengan diri sendiri, dengan orang lain (Teman, keluarga dan rekan kerja), serta dengan Tuhan. Jangan sampai, ketika anda mencapai goal tersebut, anda malah bertengkar dengan orang tua, merasa berdosa , dsb. Pastikan goal tersebut berdampak positif menurut anda, sejauh mata memandang. Dengan begitu, saat menjalankannya pun, anda akan merasa semangat dan melihat kesuksesan anda sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan banyak orang.

Tak terasa ya, anda sudah baca artikel ini sejauh ini, ketahui tentang bagaimana menentukan goal anda dan strategi mencapainya, itu artinya anda sudah siap untuk langsung take action dan praktekkan metode ini, baik di bisnis maupun investasi anda. Ingat, tahap-tahap yang perlu anda lakukan dan pastikan segala sesuatu yang anda lakukan, berada di kontrol anda.

Anda bisa menuliskannya dan menempelkan di dinding rumah atau di area kerja anda dengan ukuran yang cukup besar supaya mudah terbaca. Beberapa teman di luar sana juga ada yang melakukannya dengan cara public commitment, atau menuliskannya di media sosial miliknya, supaya lebih terjamin. Namun, anda tidak perlu ikut-ikutan, lakukanlah dengan cara anda dan komitmen penuh untuk melaksanakannya. Dengan begitu goal anda akan tercapai dengan lebih mudah.

#mindset #penentuangoal #goalsetting #nlp #bisnis #investasi #visimisi #wellformedgoal

758 views
Tentang Kami
logo Bizhare.PNG

Bizhare.id adalah Platform investasi Equity Crowdfunding yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan.  

 

Kami ingin membantu masyarakat Indonesia untuk dapat bebas finansial. Sebuah perubahan dimulai dari diri sendiri, ayo bergerak belajar bersama dan mulai berinvestasi. 

Raih Kesuksesan dan Bebas secara Finansial melalui Bisnis Franchise
Gabung menjadi  Investor dan dapatkan informasi bisnis-bisnis pilihan yang siap anda invest, GRATIS!
Popular Posts